Beberapa Prinsip Dalam Membuat Desain Web

Prinsip dalam membuat desain web menjadi hal yang cukup penting untuk dipahami sebelum anda memutuskan untuk membuat website idaman anda. Ya, hal ini cukup penting karena prinsip tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil yang dicapai dalam pembuatan website tersebut. Sebagaimana kita tahu bahwa prinsip adalah pembeda dan ciri spesial dari seseorang. Dengan prinsip yang dimiliki, maka sebuah website akan terlihat lebih berkarakter.

Membahas tentang prinsip yang ada dalam pembuatan desain web, kita akan menemukan bahwa ada beberapa prinsip yang sebaiknya diketahui. Jika anda berpegang pada prinsip tersebut, bisa jadi website yang akan anda buat tentu akan memiliki hasil yang lebih bagus dimana bisa mengundang lebih banyak pengunjung. Adapun beberapa prinsip yang harus dipahami dengan baik ketika hendak membuat sebuah website adalah sebagai berikut:

Beberapa Prinsip Dalam Membuat Desain Web

Metaphore

Prinsip pertama yang penting untuk diketahui saat hendak membuat sebuah website baru adalah metaphore. Apa yang dimaksud dengan prinsip ini? Metaphore adalah prinsip yang diaplikasikan dengan menggunakan prinsip lama guna menghasilkan prinsip yang baru. Salah satu contoh dari prinsip ini adalah website worldwidestore dimana website ini membahas mengenai informasi-informasi benda kuno yang ada di dunia dan juga melakukan penjualan benda kuno tersebut.

Clarity

Prinsip clarity adalah prinsip pembuatan website dimana website harus memiliki tujuan yang jelas mengenai apa maksud dari pembuatan website tersebut. Ini sebenarnya termasuk salah satu prinsip dasar dimana harus diperhatikan dengan saksama agar website anda tidak hanya sekadar website abal-abal. Kejelasan prinsip tersebut juga akan membantu anda dalam hal pengembangan.

Consistency

Prinsip selanjutnya yang harus ada dalam pembuatan website adalah consistency atau konsistensi. Ini adalah salah satu prinsip dalam membuat desain web yang sangat penting. Maksud dari prinsip ini adalah pembuat website menyusun website dengan memegang konsistensi dari tema yang diangkat. Contoh website dalam hal ini adalah santafean. Meskipun website tersebut memiliki beberapa kategori, namun tema yang diangkat tetap membahas bahasan seni.

Alignment

Prinsip penting lain yang tidak boleh dilupakan adalah alignment. Prinsip ini fokus pada kerapian pengisian konten website. Dengan adanya prinsip alignment ini, isi website akan terlihat lebih rapi dikarenakan pemilik website memegang teguh penataan konten dan juga tulisan. Jika prinsip ini digunakan, maka pembaca tentu akan merasa sangat terbantu saat membaca informasi yang disajikan dalam website tersebut.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa prinsip dalam membuat desain web yang cukup penting dimana akan sangat berpengaruh pada kesuksesan website yang anda bangun. Dalam hal ini, dengan memegang prinsip yang telah dibahas sebelumnya, maka tampilan website anda pasti akan lebih maksimal dan pengunjung akan merasa puas dengan apa yang diberikan oleh website anda tersebut.