Inspirasi Tren Web Desain Terbaru 2018

Tren web desain tahun ini tidak terlalu jauh berbeda dari tren tahun-tahun sebelumnya walaupun ada kecenderungan untuk lebih mengusung desain minimalis. Berbicara tentang website, desain adalah salah satu unsur utama. Jika desain sebuah website menarik, tentunya jumlah pengunjung akan meningkat. Sebaliknya jika desainnya biasa saja, pengunjung akan malas menjelajah konten di website tersebut. Bahkan walaupun kontennya bagus, jika sudah malas pasti tidak betah untuk lama-lama di sana.

Nah jika Anda ingin agar banyak pengunjung meluangkan waktunya untuk berkunjung ke blog atau website Anda, buatlah desain yang memiliki nilai estetika. Tidak punya ide untuk membuat desain? Jangan khawatir karena anda bisa mencari inspirasi dari desain-desain yang sudah ada misalnya desain terbaru 2016.

Ternyata tidak hanya tren fashion atau rambut saja yang berubah-ubah menyesuaikan jaman. Perubahan ini juga dialami oleh tren desain website. Fokus desain tahun ini sebenarnya tidak banyak berubah dari tahun lalu. Ada dua hal yang menjadi fokus utama yaitu desain yang simpel namun responsive.

Tren Desain Website Tahun Ini

Penggunaan Desain yang Simpel

Pengguna internet lebih suka desain web yang simpel karena berbagai alasan. Pertama, desain minimalis memungkinkan website untuk lebih cepat dibuka dan diakses. Saat ini orang lebih mementingkan kecepatan daripada penampilan. Hal ini bukan berarti tampilan website tidak penting sama sekali. Tetap saja hal ini penting namun bukan sesuatu yang paling krusial.  Konsep minimalis pada  tren desain website terbaru juga memunculkan adanya white space pada halaman web. Hal ini memungkinkan text lebih gampang dibace. Ini dikarenakan konsep desain website 2018 adalah untuk memfokuskan pengunjung dengan konten.

Untuk tren warnanya, akan banyak bermunculan warna pastel namun cerah. Walau demikian pemilihan warna dan tema tetap harus disesuaikan dengan isi dari website tersebut. Yang tidak berubah adalah penngunaan ttypography dan font yang unik dan menarik.

Desain Responsif

Selain layout yang simpel dengan tidak begitu banyak detail, tahun ini desain responsif semakin diutamakan karena hal ini berhubungan dengan kenyamanan pengguna atau pengunjung. Dengan desain yang responsif, tidak butuh waktu lama untuk mengakses website bahkan ketika menggunakan koneksi internet yang tidak terlalu bagus. Selain itu, desain responsif juga memudahkan pengguna untuk mengakses websites dari gadget apapun termasuk smartphone.

Penggunaaan Animasi  dan Video

Jika di tahun-tahun sebelumnya gambar statis masih mendomasi, gambar bergerak atau animasi menjadi tren tahun ini. Tidak hanya itu, selain animasi, video juga akan lebih banyak digunakan.

Demikiankan tren web desain tahun ini. Anda bisa membuat website dengan merujuk pada tren terbaru. Namun tren ini bukanlah hal yang pakem. Dalam mendesain website, banyak hal lain yang harus dipertimbangkan daripada sebuah tren.