Kelebihan Dan Kekurangan Desain Web Responsif

Desain web responsif merupakan bagian dari perkembangan desain web saat ini. Saat ini memang ada banyak jenis desain web. Masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya. Demikian pula pada jenis desain web ini, yang mana desain web ini juga punya kelebihan dan kekurangan. Mari kita bahas satu per satu.

Kelebihan Desain Web Responsif

Menghemat anggaran

Dengan menggunakan desain web responsif, pelanggan hanya perlu membayar untuk satu web development saja, tidak perlu aplikasi atau situs mobile lagi. Hanya dibutuhkan satu web saja yang dapat mengimplementasikan fungsi web untuk desktop maupun mobile. Sehingga hal ini bisa berarti lebih menghemat anggaran untuk pengembangan dan pembuatan web.

Lebih menghemat waktu

Selain menghemat anggaran, desain web yang responsif juga memungkinkan kita untuk menghemat waktu pada sejumlah efisiensi karena Anda tidak harus menciptakan konten baru bagi tiap saluran yang Anda ingin capai. Sebaliknya, Anda hanya membutuhkan penyesuaian jumlah dan juga tata letak dari konten visual yang Anda telah buat di awal.

Meningkatkan SEO web

Dengan adanya URL web yang lebih konsisten bagi pengunjung via desktop maupun mobile serta pencarian bot pada keduanya, maka situs yang Anda rancang mempunyai keseragaman. Hal ini menjadikan interaksi pengguna lebih mudah dan lebih baik dalam algoritma link yang ada dalam Google serta ini juga akan mengurangi potensi link rusak atau broken link.

Tampilan web yang lebih baik

Desain web responsive membuat tampilan web nampak lebih bersih dan pengkodean berlangsung lebih cepat pada perangkat mobile maupun desktop. Hal ini juga dapat diartikan bahwa situs Anda bisa memperoleh lebih banyak pengunjung karena situs Anda mudah diakses kapan saja dan dimana saja.

Kekurangan Desain Web Responsive

Aksesnya lambat

Sebuah situs tunggal atau istilah lainnya one page website akan memuat keseluruhan elemen termasuk juga gambar pada masing-masing perangkat, hal ini yang memungkinkan web menjadi lebih lambat dimuat. Namun hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan cache plugin apabila Anda menggunakan platform WordPress.

Dapat juga berarti memperpanjang waktu dan biaya

Meski pada poin kelebihan dari desain web responsive disebutkan bahwa dapat menghemat anggaran dan waktu, namun hal tersebut tidak berlaku pada tahap awal pembuatan karena pembangunan strukturnya juga membutuhkan waktu karena cukup kompleks. Namun, jika hal ini telah selesai, maka apabila terdapat tata letak yang kurang pas, dapat mempercepat Anda melakukan perbaikan.

Selain itu, pada desain web responsif, penempatan atau posisi banner iklan agak teranggu karena sifat desain yang menyesuaikan dengan lay out­-nya. Namun apapun jenis desain web yang Anda pilih, semua tetap kembali pada pertimbangan Anda masing-masing.