Tips Brand Building dengan Nama Domain Website yang Unik

Nama domain website sangat penting untuk mengoptimalisasikan sebuah web. Untuk itulah penting bagi seorang pebisnis untuk mempertimbangkan nama domain mereka. Karena kedepannya nama website inilah yang menjadi sarana branding sebuah bisnis. Lihat saja pada website toko online seperti Tokopedia, Lazada, atau Shopee. Nama website mereka juga dipakai sebagai brand building supaya mudah diingat.

Nama domain harus mencerminkan identitas brand usaha. Brand sangat penting karena akan menunjukkan kredibilitas sebuah website. Tentu Anda tidak ingin kehilangan pengunjung dan calon pelanggan potensial karena lemahnya branding. Memulai usaha bisnis dengan media online memang membutuhkan kesabaran supaya memberikan hasil seperti yang diinginkan. Berikut ini adalah tips yang dapat mendukung brand building website Anda.

Tips Brand Building dengan Nama Domain Website yang Unik

Pilih Nama Domain Extension “.com”

Website Anda adalah sarana terbaik untuk melakukan brand building. Brand adalah simbol yang melekat pada produk. Untuk itulah dalam melakukan brand building untuk sebuah website perlu banyak pertimbangan.

Saat ini ada banyak domain extension yang tersedia di internet. Di antaranya adalah “.com”, “.co”, “.id”, “.net”, “.org”, dan masih banyak domain extension lainnya. Dari sekian banyak domain extension itu, “.com” masihlah yang terbaik. Salah satu alasannya adalah karena .com sangat mudah diingat. Selain  itu, secara tidak salah seseorang pasti akan menuliskan extension “.com” pada akhir sebuah nama domain.

Menurut penelitian para ahli, hampir 75 persen pemilik website menggunakan .com, yang kedua adalah .net, dan selanjutnya adalah .org. hindari ekstensi yang tidak terkenal dan aneh seperti “.club”, “.pizza”, atau “.space”.

Nama Domain Mengandung Kata Kunci

Kata kunci ini adalah kata-kata yang biasanya dicari dalam mesin pencarian. Dengan memberi nama domain website yang mengandung kata kunci, artinya membantu dalam menunjukkan tema website Anda. Selain itu, dengan kata kunci ini dapat membantu dalam menaikkan peringkat website dalam mesin pencarian. Namun mengenai nama domain ini tentu saja harus diikuti dengan konten yang menarik dan informatif supaya tidak terkena block.

Nama Domain yang Mudah Diingat dan Diucap

Umumnya nama domain tidak lebih dari 15 kata karena jika melebihi dari itu maka akan sulit untuk diingat oleh pengunjung. Sangat disarankan untuk menggunakan nama domain yang singkat. Bahkan menurut penelitian dari sebuah majalah bisnis, nama domain yang paling bagus adalah yang terdiri dari 6 karakter.

Periksa Ketersediaan Nama Domain

Hal yang tidak kalah penting dalam brand branding sebuah website adalah mengecek ketersediaan nama domain website tersebut. Sangat disarankan memakai nama domain yang belum dipakai oleh website lain karena akan sangat merugikan bagi pemilik website. Untuk mengecek nama ini dapat menggunakan alat yaitu Knowen dan Namecheckr.