Tips Membuat Website Dengan Layout Sederhana

Untuk pemula yang ingin mendesain website, sangat disarankan untuk membuat website dengan layout sederhana. Nantinya diharapkan agar mereka dapat mengembangkan layout atau tata letak yang sudah dibuat. Namun sebagai awalan akan lebih mudah jika tata letak dibuat sesimpel mungkin. Layout yang simpel selain gampang untuk dibuat juga akan membantu pengunjung menjelajah konten di website tersebut dengan mudah. Tentunya hal ini menguntungkan kedua belah pihak, pemilik website dan pengunjung website tersebut.

Menggunakan HTML untik membuat website dengan layout sederhana

Belajar CSS dan HTML

Kebanyakan orang menganggap bahwa kita harus belajar CSS untuk melayout desain. Hal ini memang benar. Namun untuk pemula, mempelajari CSS tidaklah gampang. Bahkan untuk belajar HTML sendiri pun tidak begitu mudah untuk seorang pemula. Berbeda dengan orang yang sudah ahli yang akrab dengan dunia IT, pastinya tidak sulit bagi mereka untuk membuat website dengan tata letak yang bagus.

Tanpa pernah mencoba memainkan kode-kode HTML, akan sangat sulit memahami dan menggunakan kode-kode CSS. Idealnya kita lebih baik belajar HTML dulu karena ini adalah dasar dari desain web. Baru setelah itu akan lebih mudah untuk menggunakan CSS.

Selain itu karena yang akan dirancang adalah website dengan layout sederhana maka HTML adalah pilihan yang cocok. Lalu bagaimana cara membuatnya dan apakah Anda sudah siap dengan pengetahuan dasar HTML?

Pertama-tama kita harus kita harus memahami bagian-bagian yang ada di HTML seperti fungsi tag, box model, dan lain-lain. Hal yang lebih penting lainnya adalah mempelajari bahasa HTML. Tetapi jangan khawatir karena membuat layout website dengan HTML sangat sederhana. Untuk merancang tata letak, kita harus menggunakan fungsi tag untuk membuat box model yang nantinya akan disusun sebagai tata letak untuk website kita. Nah kita harus tahu arti dari tag-tag yang digunakan.

Masalah utamanya adalah mungkin banyak dari kita yang tidak familiar dengan bahasa atau kode HTML. Padahal HTML adalah dasar dari website program. HTML merupakan hal pertama yang wajib dipelajari jika kita ingin menjadi seorang web programer. Dengan belajar HTML, kita bisa mempelajari bahasa pemograman yang lain JavaScript dan CSS. Sayangnya belajar bahasa pemograman seperti ini akan memakan waktu padahal kebutuhan mengatur tata letak website sangat mendesak.

Sebenarnya tanpa belajar pun tidak masalah karena banyak sekali blogger yang telah memposting artikel tentang kode HTML yang digunakan untuk membuat tata letak website. Kita Tinggal menulis ulang kode-kode tersebut.  Lagipula kita bukan seorang programer yang wajib memahami bahasa pemograman. Nah, daripada pusing, sebagai permulaan, Anda bisa mencari tutorial baik dalam bentuk tulisan maupun video. Asalkan mengikuti langkah-langkah dengan runtut, Anda akan bisa membuat website dengan layout sederhana.